Minggu, 24 November 2013

[22] KOORDINASI DAN HUBUNGAN KERJA


A.       Organisasi Sebagai suatu Sistem
Menurut pandangan modern,organisasi merupakan suatu system yang kompleks yang memiliki berbagai unsur serta memiliki pola kerja tertentu sebagaimana umumnya system terbuka.Sistem dapat di artikan sebagai berikut ;
a.              Sebagai suatu tatanan dari  berbagai unsure,bagian atau subsistem yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri akan tetapi saling berkaitan dan saling bergantung sehingga secara menyeluruh kesatuan itu dapat berfungsi mencapai tujuannya.
b.             Sebagai rangkaian prosedur dan metode kerja untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan tertentu.
System sebagai suatu kesatuan dari berbagai unsur memiliki dua jenis yaitu system tertutup dan system terbuka.
B.     Konsep Koordinasi
            Koordinasi adalah salah satu bentuk hubungan kerja yang memiliki karakteristik khusus.Pentingnya koordinasi ini agar organisasi dapat menciptakan efektifitas dan efesiensi.Hal ini berarti bahwa tujuan organisasi dapat tercapai serta dalam pencapaiannya di manfaatkan semua sumber daya secara hemat dan ekonomis.
C.    Pengertian Hubungan Kerja
            Hubungan kerja dapat di artikan sebagai hubungan yang terjadi antara bagian-bagian atau individu-individu baik antara mereka di dalam organisasi maupun antara mereka dengan pihak luar organisasi sebagai akibat penyelenggaaraan tugas dan fungsi masing-masing dalam mencapai sasaran dan tujuan organisasi.
D.    Macam-Macam Hubungan Kerja
            Dalam organisasi ada berbagai macam bentuk hubungn kerja,yaitu :
1.      Hubungan Kerja Vertikal
      Hubungan kerja vertical adalah hubungan kerja antara pemimpin dan bawahan.
2.      Hubungan Kerja Horisontal
      Hubungan kerja horizontal adalah hubungan kerja antar pejabat pada tingkat atau eselon yang sama.
3.      Hubungan Kerja Diagonal
      Hubungan kerja diagonal adalah hubungan kerja antar pejabat yang berbeda induk unit kerjanya dan berbeda juga tingkat atau eselonnya.
4.      Hubungan Kerja Fungsional
      Hubungan kerja fungsioanal adalah hubungan kerja antara unit atau pejabat yang mempunyai bidang kerja sama.
5.      Hubungan Kerja Informatif
      Hubungan kerja informative adalah hubungan kerja antar unit atau pejabat dengan tingkat atau bidang apapun untuk saling memberikan dan memperoleh keterangan.
6.      Hubungan Kerja Konsultatif
      Hubungan kerja konsultatif adalah hubungan kerja antar pejabat yang karena jabatannya berkepentingan melakukan konsultasi antar satu dengan lainnya.
7.      Hubungan Kerja Direktif
      Hubungan kerja direktif adalah kerja antara pemimpin unit organisasi atau pejabat yang di satu pihak mempunyai wewenang dan kewajiban untuk memberikan bimbingan dalam bidang kerja hierarkhis tertentu,sedang di pihak lain mempunyai kewajiban melaksanakan bimbingan,pengarahan,pertimbangandan saran.
8.      Hubungan Kerja Koordinatif
      Hubungan kerja koordinatif adalah hubungan kerja antar pejabat yang di maksudkan untuk memadukan (mengintegrasikan) menyerasikan dan menyelaraskan berbagai kepentingan dan kegiatan yang saling berkaitan beserta segenap gerak,langkah dan waktunya dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran bersama.
Sumber : Blogger Berbagi Cerita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar